Thursday, September 10, 2009

Amerika dream

Sebetulnya utang negara kita itu belum apa-apa loh bila dibandingkan dengan utang Amerika, yang lihat jumlahnya saja sudah mumet bacanya.. Utang RI didalam dan diluar negeri kalau dijumlah total adalah US$ 131.000.000.000,00 . >> 131 milyar dolar US. Dan utang Amrik didalam dan diluar negeri kalau dijumlah total adalah US $ 10.563.370.336.819,60 >> 10 trilyun + 563 milyar +370 juta +3oo ratus ribu + 36 ribu + 819 plus 60 sen dolar US.



Sebagian besar dari utang itu adalah utang didalam negeri. Misalnya credit card yang macet atau hypothek rumah yang gak bisa ketutup lagi.

You believe or not ternyata orang Amrik itu sebagian besar hidupnya dari jalan ngutang ke bank. Disana sudah biasa kalau orang punya belasan sampai puluhan credit card ( kok bisa ye ). Misalnya di California yang punya gubernur aktor beken >> Arnold S. Ternyata negara bag USA itu punya utang sebanyak kurang lebih 1 bilyun dolar. Kira-kira sebanyak 3 kali utang Indonesia.

Karena penduduk disana punya hoby ngutang semua. Beli baju, belanja di super market, ngopi di star buck, beli rumah (hypothek), beli mobil (leasing), sampai bayar denda tilang, semua bayarnya pake credit card. Anehnya semua orang disana hidup dengan tenang dan senang, karena mereka pikir bisa ngutang terus ke bank sampai mati. Kapan kalau dah mati utangnya juga gak usah dibayar lagi toh.


Yang bingung sekarang ya Oprah.. Hampir tiap hari saya lihat di tv, Oprah mengundang para pakar ekonomi yang pinter dan cerdas untuk memberi nasihat kepada penduduk Amrik, yang pada senang ngutang itu tentang bagaimana caranya merubah kebiasaan hidup mereka yang sangat matre itu, untuk belajar hidup sederhana dan hemat, sukur-sukur bisa nabung, dan berusaha untuk jadi manusia yang bertanggung jawab >>> menghilangkan kebiasaan ngutang ke bank . Karena kalau terus begini maka Amrika bisa jadi negara paling kere di dunia ini. Time to say..bye bye credit card

by DM

1 comment:

  1. hahahaha wa kira cuma bangsa kita saja yang pada seneng ngutang ke sono sini

    ReplyDelete