Tuesday, September 22, 2009

Leak Bali....

Dari semua cerita horror yang pernah saya dengar atau saya lihat di film, cuma figur Calon arang inilah yang meninggalkan bekas yang dalam sekali. Saya masih duduk dikelas 3 SD, waktu mendengar cerita yang sereem banget ini dari Eyang putri yang suka ngasuh saya dulu. Sebuah kisah yang membuat bulu roma saya berdiri , jantung pun berdebar kencang, sampai 3 hari lamanya saya gak berani tidur sendirian..hehehe. Ceritanya kurang lebih begini :


Calon Arang itu, adalah seorang janda dari desa Dirah, yang hidup pada abad 12 di zamannya Raja Erlangga. Dia mempunyai seorang anak perempuan yang cantik sekali namanya Ratna Manggali. Cuma sayang, tak ada lelaki yang berani mendekati Ratna M karena takut banget sama ibunya yang terkenal sebagai tukang sihir yang jahat . Jadi Calon Arang tersinggung berat. Sebagai pemuja dewi Durga, dia lalu minta bantuan kepada dewi yang menguasai kejahatan di dunia ini, untuk mengirim penyakit sampar ( semacam flu burung kali ye), untuk membunuh orang didesanya. Hingga banyak sekali orang yang meninggal kena wabah yang maha dashaat itu . Paginya kena demam..malamnya jiwa melayang.

Raja Erlangga yang dilapori tentang musibah ini, lalu minta tolong kepada empu Barada yang sakti untuk memecahkan masalah ini. Empu Baradah menyuruh muridnya Bahula, seorang prajurit yang tampan untuk melamar Ratna M. Dan setelah mereka menikah, Bahula lalu disuruh mencuri buku primbonnya Calon Arang yang berisi tentang semua rahasia ilmu sihirnya. Hingga empu Barada dapat mengalahkan janda yang ganas itu. Ini cerita garis besarnya, jadi kurang serem dan menarik.

Tapi setelah Calon Arang mati dikalahkan oleh Barada, ternyata murid-muridnya masih mewarisi ilmunya yang disebut ilmu Leak. Dan terus diwarisi turun temurun oleh murid-murid mereka juga sampai zaman sekarang ini. Saya pernah dengar sendiri dari mulut orang yang menganut ilmu ini di Bali . Ternyata ilmu itu benar-benar ada. Cuma sangat rumit dan rahasia sekali. Susah banget untuk mencari guru yang mau mengajarkan ilmu ini kepada kita. Kalaupun bertemu syaratnya berat sekali. Salah satunya, tidak boleh memakan binatang berkaki 4 dan tidak boleh bersetubuh.

Makanya ilmu ini jarang sekali dimiliki oleh kaum lelaki. Kebanyakan yang suka ngeleak itu janda atau perempuan yang belum menikah, alias masih perawan asli gitu. Dan sebelum belajar ilmu leak, lebih dulu sang guru akan menanyakan otonan ( hari lahir versi Bali ), karena hal ini menyangkut kwalitas ilmu leaknya nanti. Misalnya dia lahir di otonan Sukra Pon Medangsia, berarti dewanya adalah Brahma. Jadi sifatnya sering emosial dan disenangi lawan jenisnya. Maka sang guru pun akan dapat mengukur ilmu yang akan diajarkannya kepada muridnya ini, agar tidak mencelakai dirinya sendiri. Tahap pertama sang murid akan diberi mantera dalam aksara Wayah dan Modre ( tulisan bali kuno), lalu tubuhnya akan dirajah dari atas sampai bawah, disebuah kuburan tua pada saat kajeng kliwon nyitan.
Sebenarnya ilmu leak ini asalnya dari tanah Jawa, campuran aliran Siwa dan Budha >> Bajrayana

Tingkat Pelajaran ilmu leak...
1. Pertama kita diajari cara mengendalikan pernafasan, yang namanya Mekek Angkihan (Pranayama).
2. Setelah itu kita diberi ilmu Visualisasi >> Ninggalin Sanghyang menget
3. Lalu kita diberi ajaran bagaimana cara kita melindungi diri dengan tingkah laku yang halus dan jauh dari rasa dendam.>> Pengraksa Jiwa.
4. Terakhir kita harus belajar mengkombinasikan antara gerak pikiran dengan gerak tubuh >> Mudra. Dan gerakan mudra ini persis seperti tarian sisa nata praja. Sebuah tarian yang diciptakan oleh Calon Arang untuk memuja batari Durga. Setelah itu barulah kita belajar Meditasi, yang dalam leak disebut Ngeregep.
5. Dan pelajaran terakhir adalah ilmu melepas roh >> Mulih Sanghyang Atma Ring Bayu Sanda Idep. Melalui kekuatan pikiran dan batin yang istilah modernnya disebut Levitasi. Setelah mantera ilmu itu dibaca maka kita akan melihat badan kita terbujur kaku tanpa daya. Dan kesadaran kita berpindah ke jiwa kita. Kalau seorang murid sudah mencapai tingkat ini, maka berarti dia sudah berhasil menguasai ilmu Leak.


Resiko ilmu leak ini juga cukup besar karena bila jiwa kita lemah, tidak kuat iman, maka kita bisa tersesat di alam gaib. Kalau jiwa kita keluar terlalu lama dari tubuh kita, misalnya karena terlalu asiik melihat semua pemandangan yang indah di alam lain, maka tubuh kita yang jadi korbannya. Karena dia bisa kehilangan fungsinya. Misalnya jantung yang berhenti berdetak, akibat terlalu lama mati suri..hingga jiwa kita tak dapat masuk lagi ke dalam tubuh kita. Seperti tertulis dalam kitab Bhagawad Gita ( kitab sucinya agama Hindu) >> Apa yang kamu ingat pada saat kematian, kesanalah kamu akan pergi, dan apa yang kamu pikirkan pada saat sang maut datang menjemput, kesana jugalah kamu akan tiba.

Sebetulnya , ilmu leak ini tidak seseram yang kita kira. Semua tergantung pada orang yang mempelajarinya. Kalau dia tak bisa mengalahkan emosinya, maka dia dapat berubah menjadi ilmu hitam yang ganas sekali. Seperti figur Calon Arang misalnya. Karena dasar ilmu leak ini adalah >> Sabar dan penuh Welas asih dalam mencapai sebuah tujuan dalam hidup ini.

Anda tak perlu kuatir dalam melawan ilmu leak yang disalah gunakan oleh pemiliknya, karena mantra yang mereka punyai tidak akan berhasil mempengaruhi jiwa kita. selama iman kita kuat dan hanya percaya kepada kekuasaan tunggal milik Tuhan yang Maha Esa. Biarpun mereka mencoba untuk berubah menjadi mahluk atau benda apa saja didepan kita, dengan jalan menyihir mata kita, tapi mereka tak kan berhasil merubah semua kewajaran yang kita lihat. Karena jiwa kita tak dapat dipengaruhi oleh mantra yang dibaca oleh mereka. Makanya banyak orang yang cuma mendengar tentang kedashatan ilmu leak ini, tapi cuma sedikit yang bisa dipengaruhi oleh ilmu yang sudah langka ini.


by DM

1 comment:

  1. jangan sampe aku belajar ilmu leak..amit amit jabang bayi

    ReplyDelete