Tuesday, September 1, 2009

Buka puasa

Bila waktu buka tiba, anggap saja kita sedang berjalan memasuki sebuah restaurant yang asri dan indah. Begitu duduk dikursi dan minum seteguk air dingin sambil mengucapkan Bissmillah..dengan perasaan bahagia, setelah kita berhasil mengatasi segala hawa nafsu kesenangan dunia fana selama kurang lebih 15 jam lamanya, maka nikmatilah saat-saat yang indah dan syahdu ini dengan penuh rasa syukur, bersama orang-orang yang kita cintai dan kasihi.

Untuk mengisi perut kita yang kosong seharian, sebaiknya kita nikmati dulu hidangan pembuka ( main corse ), selain untuk menambah selera makan, juga baik buat kesehatan tubuh kita. Main corse biasanya terdiri dari makanan ringan dan gurih (bukan yang manis-manis). Misalnya, aneka ragam soup, tahu isi, otak-otak, pangsit kuah, salad dan sebagainya. Minumnya teh hangat atau air putih. Makannya pelan-pelan biar perut kita terasa nyaman dan hangat, setelah kosong seharian. Setelah itu kita bisa istirahat sebentar sambil ngopi dan udud ( yang suka udud ), ngobrol santai dengan keluarga dan anak sampai waktu sholat magrib tiba. Kalau pingin yang manis-manis sebaiknya makan buah kurma disaat buka >> ini yang paling baik.
Sehabis sholat, maka datanglah saat yang ditunggu-tunggu dan diimpikan sejak pagi tadi..hehehe..Yaitu, duduk dimeja menghadapi hidangan dinner yang top marketop bagaikan di rest padang saja layaknya. Nah silahkan menikmati semua hidangan utama yang terhidang dimeja makan, kunyah perlahan-lahan biar lezatnya lebih terasa lama menempel di lidah. Makan secukupnya saja, jangan sampai perut kita terasa sesak dan begah sampai harus melonggarkan ikat pinggang. Sisakan tempat di perut buat makanan penutup (dessert ) nanti.

Sehabis dinner biasanya mood kita akan berubah menjadi gembira dan merasa lebih santai. Perut kenyang hatipun senang..lak iya toh. Inilah waktu yang terbaik untuk melimpahkan kasih sayang dan perhatian kita sama keluarga dan anak-anak di meja makan. Bhs inggrisnya, 'Precious Moments' ...cieee. Sambil menikmati hidangan pencuci mulut ( dessert ), yang mulai datang mengalir di meja makan. Bisa jajanan pasar, ager-ager, kolak, buah-buahan atau ice cream >> bisa juga semuanya asal punya duit belanja yang cukup.

Dan malam yang indah itu akan menjadi lebih sempurna lagi, bila kita dan keluarga sehabis makan malam lalu jalan-jalan atau duduk duduk diberanda menghirup udara segar diluar. Untuk menikmati keindahan bintang-bintang yang bersinar cemerlang dilangit. Ditanggung hati dan tubuh kita akan terasa lebih relaks dan segar. Siap menghadapi hari esok yang datang dengan penuh rasa optimis dan wajah yang cerah.... Sesungguhnya sebuah negara yang makmur dan kuat, terbentuk dari manusia yang datang dari sebuah keluarga yang bahagia...amin..
by DM





No comments:

Post a Comment